Tentang

Kalau Anda menelusuri “Aji Kurniawan” di Google, akan ditampilkan banyak orang-orang populer. Ada pemain sepak bola profesional, dokter gigi, founder, head, dan lain-lain.

Saya tidak ada di antara mereka.

Saya memang bukan orang yang terkenal apalagi menonjol. Ada sih yang menonjol, tapi bukan dalam bentuk prestasi ataupun karya.


Anyway, selamat datang di blog pribadi saya.

Perkenalkan, nama saya Aji Kurniawan. Keluarga dan teman-teman biasa memanggil saya Ajik.

Saya lahir di Surakarta dan dibesarkan di lingkungan perdesaan di Karanganyar. Tinggal tidak jauh dari pabrik gula legendaris peninggalan Mangkunegara IV berusia 1½ abad yang kini sudah tiada lagi menggiling tebu, yaitu Pabrik Gula Tasikmadu.

Kalau Anda kebetulan sedang berada di dekat sini, ayo kita ngopi?

Minat

Saya punya minat di komputer dan web.

Mulai tertarik dengan komputer sejak masih dalam kandungan, dari ibu yang gemar bermain game Digger ketika masih mengandung saya. Mulai kenal komputer sejak prasekolah, dari ayah yang dulu sudah mengajar kursus komputer di zaman keemasan disket 5¼ inci.

Mulai kenal internet sejak sekolah menengah, di era populernya “asl pls”, Mxit, dan transfer 3gp mp3 lewat infrared. Mulai kenal blog, forum, media sosial, open source, dan web yang sebenarnya setelah lulus sekolah menengah.

Sekarang kegiatan saya adalah menulis blog, mengutak-atik tampilan web, dan mengelola server Linux.

Untuk kebutuhan komputasi sehari-hari, saya masih menggunakan komputer rakitan Ivy Bridge jadul nan powerful yang ditenagai oleh Jammy Jellyfish.

Pekerjaan

Saya mempunyai sebuah jasa panggilan di Soloraya. Bermodal sebuah landing page sederhana yang betah berada di halaman pertama Google, saya pernah mendapatkan klien perseorangan, bisnis, hingga perusahaan.

Saya juga mengelola sebuah portal di Soloraya. Berawal dari Instagram, kini sudah ekspansi ke halaman dan grup Facebook dengan total pengikut dan anggota lebih dari empat puluh ribu orang dan masih terus bertambah, tanpa pernah promosi sekalipun.

Karena kesibukan di dunia nyata, saat ini saya kurang fokus mengelola kedua jasa dan portal tersebut. Masih aktif, tapi jarang update.

Saat ini saya bekerja tetap sebagai pegawai di salah satu perguruan tinggi di Surakarta. Bukan pengajar, hanya seorang tenaga kependidikan bagian non akademik.

Dan pekerjaan saya ini tidak ada kaitannya dengan minat, malah lebih dekat ke hobi.

Hobi

Saya suka melakukan aktivitas di luar rumah.

Saat libur dan sedang tidak kesibukan di depan komputer, saya suka jalan-jalan, sepedaan, hingga bepergian naik kendaraan bermotor untuk menjelajahi tempat-tempat baru.

Kadang-kadang naik bus dan feeder Batik Solo Trans, bus rel Batara Kresna, kereta api Bandara Internasional Adi Soemarmo, KRL Commuter Line Yogyakarta, dan transportasi publik lainnya.

Dulu banget pernah hobi camping dan hiking juga, tapi sudah lama hiatus. Pernah mencapai Hargo Dumilah pada 2006 dan 2014. Terakhir saya camping ke Gunung Prau pada 2016.

Setelah menikah dan mempunyai anak, sekarang berpetualangnya bersama keluarga masing-masing.

Sebelum tidur, saya suka membaca cerita menyeramkan di r/NoSleep dan #bacahorror supaya tidur nyenyak.